Wednesday, October 2, 2013

KPR.. rempong???!!

Menindak lanjuti postingan yg ini dmn aku dan mas patjar dioprak-oprak beli rumah sm ortu. Tapi ujung2nya ga jadi2 soalnya tiap kita berdua suka sm salah satu perumahan ada aja alasan ortu yg bikin kita ga jd beli. Yg kekecilan lah, ga deket jalan raya lah, rawan banjir.. Dan semua permasalahan itu sedikit keslimur sm masalah wedding preparation. Tapi trus muncul lagi krn kyknya nemu rumah yg cukup oke.. Jadi kita follow up lagi.

Kemaren2 sempet tanya sana sini gmn caranya ngajuin KPR. Juga sempet survei di beberapa bank. FYI di "Bank Pusatnya Asia" gitu bs ngajuin kredit smpe 20 tahun lhoo :D

Syarat2 dokumen bwt ngajuin KPR :
- Surat keterangan kerja (min 2 tahun, ato trgantung pngalaman kerja n nego2 dgn pihak bank) 
- Slip gaji asli bulan terakhir 
- Copy NPWP 
- Copy buku tabungan (3 bulan terakhir) 
- Copy KTP, copy KK, copy Surat Nikah (yg uda nikah aja)
file2 diatas bakal disimpen sama pihak bank. Kalo yg dokumen dibawah ini statusnya ga hanya bakal disimpen sama pihak bank, tp juga disita. jaga2 kalo trnyata kita ga bs nglunasin kredit (naudzubillah). Diantaranya :
- Sertifikat tanah 
- Sertifikat IMB 
- blue print atau gambar rumah 
- SPPT PBB tahun terakhir
Biasanya file2 di atas uda disiapin sm developer perumahannya kalo beli di developer. Tp klo ngurusnya secara mandiri yg agak ribet mungkin sertifikat tanahnya. Karena bank cm mau nerima blangko yg paling baru. Jadi mau ga mau harus ngurus sendiri ke Badan Pertanahan Negara (BPN). jadinya sekitar sebulanan. Dan biasanya biaya ini mahal krn sering dimainin sm oknum2 tertentu. bisa smpe jutaan, padahal sebenernya biayanya gak sampe 300rb. T_T

Kalo semua file uda beres dan bank ternyata uda setuju, kita bakal dikasih rincian biaya yg mesti kita keluarin saat pencairan dana. kalo kita uda setuju kita bayar sekitar 500rb-1jt bwt biaya survey pihak bank. Ntar bank bakal telpon2 ke kantor ato ke rumah kita bwt menilai apa kita mampu KPR sesuai dgn yg kita ajuin.
Kalo semua udah beres, bank bakal kasih tau brp dana yg bisa mereka pinjamkan. (biasanya sih sekitar 70% dari harga rumah). Kalo kita setuju langsung tanda tangan hitam di atas putih (ga tau knp kok ga putih di atas hitam aja) dan berangkatlah ke notaris yg biasanya uda ditunjuk sm pihak bank. Kalo misal notaris belum ditunjuk sm bank, mending cari sendiri. Cari notaris di perumahan yang jam terbangnya belum tinggi. Jadi biayanya lumayan bisa diteken :D 

File2 yg mesti dibawa waktu ke notaris :
- bukti bayar PBB yg terakhir
- sertifikat rumah
- blue print atau gambar rumah
- IMB
- akte jual beli 
Ntar file ASLI ini dipegang notaris bwt mereka cek lagi ke BPN, bank dan kantor pajaknya. Jangan lupa kita juga harus selalu siapin fotokopi KK, KTP, surat nikah dan NPWP.

Bakal ada kemungkinan pengajuan KPR kita ditolak. Ni sedikit tips yg mungkin bs membantu : 
- Jangan ada masalah tunggakan hutang di bank lain. Segera lunasi dulu. 
- Untuk karyawan kontrak/outsource bs diakali dr pihak HRD (kalo HRDnya mau) 
- Waktu ngisi aplikasi pengeluaran ga usah ditulis berlebihan lah, diakalin dikit :p

Nah udah ada dikit gambaran kan?
Postingan ke depan aku bakal bahas masalah pajak-pajaknya yg ternyata lumayan gede. Dan cukup bikin shock.. Aku pengen bikin postingan rinciannya tp ntar aja ya.. ga enak sm bos :p (kyk ada yg baca aja)

No comments:

Post a Comment