Tuesday, October 1, 2013

Balada Cincin Nikah..

Ga lengkap rasanya akad nikah kalo ga pake tuker cincin. Padahal yg wajib kan cm mahar, masalah percincinan itu sebenarnya hanya tradisi. Tapi tetep aja ga mau kan kalo ga pke cincin gtu. Knp? Krn rasanya dgn pake cincin itu kita brasa safe ya. Kalo ada cowok2 yg naksir kita (emang ada?)  dan ngliat kita uda pake cincin pasti uda langsung kliatan kan kalo kita uda bersuami. Begitupun sebaliknya, kita pasti ga akan rela kalo kita doang yg pake cincin. Masa cowoknya enggak. Menurutku sih itu tanda aja kalo kita udah ada yg "ngiket" :p
Yuklah kita bahas masalah percincinan ini (kayak ada yg baca aja). eh iya siap2 ya ini bakal jadi postingan gondrong tanpa gambar :D

Dan uda pada tau kan kalo cincin emas itu hukumnya haram dipake lelaki. Seperti disebutkan dalam hadis dari Abu Musa, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari ummatku, namun diharamkan bagi para pria’. (HR. An Nasai no. 5148 dan Ahmad 4/392. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).
Gimana dengan emas putih?
Emas putih adalah emas kuning (Aurum) yg dicampur dgn unsur logam putih, kaya nikel ato palladium jadi warnanya berubah dari kuning bs jd putih gitu. 
So hukumnya? menurutku sih tetep aja haram dikarenakan penyepuhan tersebut tidaklah menghilangkan zat aslinya yaitu emas kuning (Aurum). Walopun ada beberapa ulama yg mengatakan emas putih gapapa dipake bagi lelaki. Tapi ya tetep aja cari aman dong ya. Ga mau kan imam kita kelak menanggung dosa konyol seumur hidup..
sebagaimana hadits Rasulullah :
”Barangsiapa dari umatku mengenakan emas kemudian dia mati masih dalam keadaan mengenakannya maka Allah mengharamkan baginya emas di surga. Dan barangsiapa dari umatku yang mengenakan sutera kemudian dia mati masih dalam keadaan mengenakannya maka Allah mengharamkan baginya sutera di surga.” (HR. Ahmad) 

Nah ternyata...
Para ahli fisika uda melakukan riset dan muncullah kesimpulan bahwa atom emas bs nembus ke kulit dan masuk ke dlm darah manusia, dan kalo pria pake emasnya dlm jumlah tertentu dan dalam jangka waktu lama, maka dampaknya adalah darah dan urine akan mengandung atom emas dalam prosentase melebihi batas (migrasi emas). Dan kalo itu terjadi, bs bikin penyakit AlZheimer. AlZheimer adalah penyakit dmn org tersebut kehilangan semua kemampuan mental & fisik trus balik lg kyk anak kecil.
Trus knp kok cewek boleh pake emas?
Inilah hebatnya Islam. BigBoss Yg DiAtas Sana uda menakdirkan partikel berbahaya itu bs keluar dari tubuh wanita lewat mens kita setiap bulan. Subhanallah ya. Sesuatu bngt.

Trus cincinnya cami pake apa dong??
Beruntunglah kita menikah di masa2 teknologi uda semakin maju. Ga kayak jaman dulu yg org tau cincin kawin ya saklek, emas warna kuning. Saat ini ada beberapa bahan yg populer bwt gantiin cincin emas. Diantaranya platina, paladium, titanium ato perak.

Platina (Pt)
Logam ini berwarna putih pucat dan mudah dipadukan dengan berlian atau batu permata lainnya. Logam ini juga ga gampang beroksidasi (menghitam), kalo perak kan gampang banget beroksidasi tuh. Nah kelemahan dari bahan platina ini cuma 1. Mihiiiiiiiiil bok!! bisa 2-3 kali lipat bahan emas. Ga rela dong cincin kawin cowok kok lebih mahal :p
Knp sih kok bs semahal itu?
- Si Pt dikit bngt dan langka. (jml: sekitar 30.000 ton aja di alam) yaitu di Afrika, Columbia, Alaska, Rusia
- Biar bs jd perhiasan, harus dilebur dg suhu tinggi, minimal sama dgn titik lelehnya, dan utk mempercantik penampilan biasanya di platting dg Rhodium ( Rh ) agar kinclong.
- Butuh keterampilan khusus utk membuatnya sbg perhiasan, karena walaupun lunak, ternyata Pt itu liat dan sulit diukir.


Paladium, Titanium, Silver
Nah 3 bahan inilah yg lagi marak dikalangan capeng2 muda..hihi
Dari perbandingan harga, Palladium biasanya disamain kayak harga emas putih.
Sedangkan harga perak dan titanium lebih di bawahnya.
Paladium mirip seperti platina, namun warnanya sedikit kehitaman. Tapi mengkilat juga kaya emas putih. Teksturnya lebih keras daripada platina jd lebih susah dibentuk. Paladium tahan dari noda hitam akibat oksidasi, jadi ga gampang menghitam dan ga gampang pudar. Perawatannya pun jd lebih murah. Kelemahannya cm 1 : ga semua toko emas jual Paladium ini. Yg aku tahu sih di Jakarta itu di Kaliem Blok M, sama di toko emas soulmate mall artha gading. Kalo di Malang ato Surabaya ga tau deh beli dimana.
Nah gmn dgn perak dan titanium?
Kalo titanium mungkin blm seberapa ngetop ya. Secara harga mirip sm silver sedangkan penjual cincin bahan silver uda marak dimana2. Karena harganya yg murah cincin bahan silver ini banyak diminatin. Jadi biar cowoknya pake yg silver kan murah tuh duwit sisanya buat nambahin berlian di cincin ceweknya... huahahahaha. Kelemahan bahan ini adalah dia gampang teroksidasi, jd gampang pudar dan menghitam warnanya.

Nah uda tau kan bahan2 pengganti emas? Trus aku pilih mana?
Insya Allah aku pake palladium bwt kangmas dan emas putih bwt aku. Ntar rencananya sih camer yg beliin, tapi ya itu tadi aku bakal kasih saran2 kayak yg uda aku sebutin panjang lebar di atas. Pengennya lagi sih berliannya muter di sepanjang cincin. Trus sekalian 1 set sama kalung n gelangnya... wkwkwkwkw *digaplok camer*

No comments:

Post a Comment