Thursday, October 17, 2013

Seberapa melek finansialkah kamu???

Iseng2 ikutan Kuis Uji Pengetahuan Anda SeputarUang di LiveOlive. Penasaran pengen tahu seberapa bagus pengetahuanku tentang uang. Secara dari dulu aku ngerasa kesulitan bngt ngatur masalah keuangan ini. Kuisnya ga panjang kok, pendek aja. Juga ga susah, bukan tentang ekonomi makro, ekonomi mikro bla bla bla gitu. Cuma 10 pertanyaan umum masalah keuangan, yg topiknya cukup ringan.

Nah dari ikutan kuis ini hasil jawabanku dari 10 pertanyaan tadi adalah : 270 :)
Dari hasil jawaban tadi, aku dianggap : “Anda punya cukup pengetahuan untuk menjalankan rutinitas pengelolaan keuangan, tapi Anda perlu punya kemampuan lebih untuk mengembangkan uang Anda. Menaruh uang dalam rekening tabungan atau deposito tidaklah cukup, karena harga-harga barang dan layanan selalu naik mengikuti inflasi. Belajarlah lebih banyak tentang cara berinvestasi. “

Not bad lah ya bwt aku yg seorang compulsive buyer ini :p
"Belajarlah lebih banyak tentang cara berinvestasi" Nah maka dari itu yuk kita belajar tentang investasi. Investasi? kadang kita mikir ya kalo invest itu cm bwt golongan berduit, berdasi, berjas, dan yg faham sm masalah2 keuangan2.
Padahal seharusnya invest itu dibutuhkan sm kita semua yg berpenghasilan dan ga mau kalah sm jahatnya inflasi *tsaaah

Dari awal dulu, emakku di rumah uda ngomel2. Nduk, duwite ditabung, jangan dihabis2in smuanya. Dan nasehat ibuk itu ga berlaku bwt aku selama 1 semester pertama dapet gaji. Yg ada duwit gajian tgl 21, langsung belanja tiap weekend, kalo masih ada duwit sisa di akhir bulan langsung dihabis2in. Maklum ya mulai dari awal njebrot sampe kuliah kan aku hidup di Malang di bawah naungan ortu, dan ga kebiasa ngatur financial sendiri. Begitu kerja, dapet duwit, rasanya bebas, lepas beli apa pun yg kita mau.. hihihi

Sampe akhirnya aku sadar, dikit demi sedikit nabung, kalo uda banyakan beli logam mulia, trus ntr nabung lagi dikit2, beli LM lagi.. gituuu terus. Dan aku blm seberapa sadar klo hal2 kyk gtu itu namanya uda investasi kecil2an :p
Nah menyikapi mulai labilnya harga emas akhir2 ini, harganya kok makin turun yaa.. mulai lah aku berpikir utk pindah haluan ke reksadana..
Duluuuu banget aku uda pengen pindah ke si reksadana ini. Tp ibuk selalu mengingatkan "nduk, jangan main2 di yg ga jelas hukum halal-haramnya gitu" trus udah, kalo uda diingetin ibuk gtu, aku mundur dan ga berusaha cari2 info lagi.

Nah sekarang niih, aku mulai tertarik ke reksadana. Mungkin yg baca blog ini pasti lbh jago yaa.. secara temen2ku di kantor aja juga banyak yg udah main2 dsni.
Tapi dsini aku msh cupu, masih tahap belajar. Dan skrg aku lg dlm tahap belajar hukumnya dalam Islam. Ga mau dong ya duwit yg kita dapet, duwit yg kita pake bwt beli makan ke anak cucu kita kelak adalah duwit haram.. Eh aku juga lagi mbanding2in produk mana yg paling menguntungkan dan memungkinkan bwt aku ambil. iya, bwt aku wanita single yg kurang lebih 6 bulan lagi (Insya Allah) akan menikah, dan dengan gaji yg seiprit gini *urek2 tanah*. 

Eh ini postingannya bakal panjang bngt deh.. lanjut besok kali yaa, anggep aja ini pembukaannya Kayak ada yg baca uda mau jam pulang. *lirik jam, padahal msh jam 4 kurang* Ga tau knp sejak awal tahun kemaren aku lagi gencar2nya pulsor (ya pantes ngeluh gaji dikit, ga pernah OT siiih) lhah kok malah curhat :p

See you tomorrow,,

Anda punya cukup pengetahuan untuk menjalankan rutinitas pengelolaan keuangan, tapi Anda perlu punya kemampuan lebih untuk mengembangkan uang Anda. Menaruh uang dalam rekening tabungan atau deposito tidaklah cukup, karena harga-harga barang dan layanan selalu naik mengikuti inflasi. Belajarlah lebih banyak tentang cara berinvestasi. Baca terus tulisan-tulisan kami dan gunakan tools yang tersedia untuk merencanakan anggaranpensiun, atau pembelian mobil dan rumah. - See more at: http://www.liveolive.com/post/view/713-kuis-uji-pengetahuan-anda-seputar-uang#sthash.SI6EvAty.dpuf
Anda punya cukup pengetahuan untuk menjalankan rutinitas pengelolaan keuangan, tapi Anda perlu punya kemampuan lebih untuk mengembangkan uang Anda. Menaruh uang dalam rekening tabungan atau deposito tidaklah cukup, karena harga-harga barang dan layanan selalu naik mengikuti inflasi. Belajarlah lebih banyak tentang cara berinvestasi. Baca terus tulisan-tulisan kami dan gunakan tools yang tersedia untuk merencanakan anggaranpensiun, atau pembelian mobil dan rumah. - See more at: http://www.liveolive.com/post/view/713-kuis-uji-pengetahuan-anda-seputar-uang#sthash.SI6EvAty.dpuf
Kuis: Uji Pengetahuan Anda Seputar Uang
Kuis: Uji Pengetahuan Anda Seputar Uang

1 comment:

  1. Money....money....money....
    Gimana ya detail cara buat berinvestasi di reksadana? Bank mana yg terbaik? Thxs.

    ReplyDelete