Tuesday, October 1, 2013

D-150.. random things about marriage

Hari minggu kita update seserahan, belanja di Thamrin City. Sampe kost uda gempor banget kaki. Langsung bablas aja tidur ga pake mandi .
Kebangun tengah malem, kepikiran macem2 dan ujung2nya nulis di blog ini (kesimpen di draft sih, baru diberesin hari ini).. tetiba nyantol aja pikiran2 aneh diantaranya :

Seberapa yakin sih kamu sama pasangan kamu?
keinget guyonan temen2 pas msh jaman kuliah dulu..
"witing tresno jalaran ga ono sing liyo" (suka karena ga ada yg lain) ato tekek kecemplung kalen, timbang golek mending balen (tekek kecebur got, drpd cari yg lain mending balik -pantun bahasa Jawa-)
Jadi apa krn hal2 itu? ato krn apa sih sebenernya?
Sebenernya kalo masalah keyakinan gitu cm diri kita yg tahu, cara kita cari tahu? ya tanya aja sm Yang Serba Membolak Balikkan Hati. ISTIKHARAH.. dan aku uda pernah melewati masa2 itu.
Emang Dia ga ngasih petunjuk secara langsung lewat mimpi ato kedatengan harimau ato tiba2 muncul nomer emang togel? Tapi tiba2 aja rasa yakin itu ada, dan kuat. Sampe akhirnya yg ada dipikiranmu adalah gimana hari2mu ke depan sama dia, dan betapa sedihnya membayangkan hari2mu kedepan tanpa dia *tsaaah..
Tapi kalo pas dalam masa2 pranikah uda keliatan belangnya.. misal main kasar, tukang mukul, bla bla bla.. ya mending ga usah. Cinta sih cinta, tapi kan juga harus pake logika.
Jadi, masalah nikah itu masalah seumur hidup. Jangan pernah mikir utk mengulangnya lagi. Kalo emang dr awal ga yakin, yaudah jangan pernah berpikir utk diterusin, apalagi dipaksain..

Masih berasa awkward sama keluarga pasangan..
Wajar kan? Ketemu jg jarang secara Cikarang-Blitar, pas pulang Malang pun kadang ga sempet mampir Blitar. Kepikiran gitu ntar ga bisa ngeblend, ntar takut salah omong, ntar sungkan, ga enak, ga nyambung, dan yg paling berat adalah takut ntar ga bs bahagiain anaknya. Kalo utk yg 1 ini aku pasrah. Toh mereka uda setuju kami akan menikah pasti juga mereka akan paham. Yang penting jadi diri sendiri, tunjukin ke mereka kalo emang niat kita baik, dan kita bener2 sayang sm pasangan dan keluarga.
Untuk solusi yg 1 ini aku uda coba mulai sering2 telpon entah cm tanya kabar, ato ngomongin tentang pernikahan. Ya gitu deh...

Aku pengen nikahanku gini, tapi keluargaku pengennya gini.. keluarga camer pengennya gitu..
Ini beneran kejadian, masalah kecil semacam souvenir aja bs jd perdebatan panjang. Kalo uda kayak gini ya mau ga mau mesti diselesein dengan kepala dingin. Dan dalam hati aku prinsipin, jangan mentang2 aku yg mau kawin trus kepikiran ini acaraku sendiri. Itu salah. Apalagi resepsi pernikahan, itu murni acara orang tua. Istilahnya pesta terakhir yg diadain org tua sebagai perpindahan tanggung jawab dr ortu ke suami. Lagian biasanya kalo nurut sama ortu bakal dilancarin kok. Mereka kan maunya jg pasti yg terbaik utk anak2nya.. ntar kalo ada jelek2nya paling ga kan bukan salah kita (naudzubillah) :p

Habis nikahan tetep kerja apa gimana?
Nah masalah ini harusnya uda dibahas jauh2 hari sebelum nikah. Harus uda ada komitmen. Klo ga diomongin bs potensial jadi sumber berantem ini.
Untuk masalah ini dr awal aku uda komitmen sm mas Patjar, kalo dia bebasin ke aku "terserah kamu nyamannya gimana. Asal urusan rumah tangga ngga keteteran sih kerja aja, klo nganggur jg km pasti stress di rumah mulu" Dan itu kita sepakat.
Yang jelas sih rencana ke depannya aku mau cari kerjaan di sekitar Jakarta, klo bisa sih Jakpus/Jaktim/Jaksel. Biar deket dr kantor calon suami (masih brasa asing nyebut begini). Lagian kita rencana cari rumah jg sekitaran situ.

"Sayang habis nikah masakin sarapan tiap pagi ya..."
Oke itu request dr mas cami. Dan ini yg bikin galau banget masak iya mau aku masakin mie goreng telor tiap hari.. hahaha...
Ya sutralah.. ntar pelan2 belajar masak. Kapan belajarnya? Ntarlah kalo uda nikah, uda punya dapur *yowes karepmu*
Dan aku yakin si kangmas bukan tipe org yg bakal ninggalin aku krn aku ga bisa masak. Tapi dia lebih ke tipe org yg "yuk kita masak bareng"... :'D

Gimana ngatur keuangan setelah nikah? Pengeluaran after married pasti bakal banyak..
Ini yg bikin aku bertanya2 di diriku sendiri. Bisa ga aku mengatur keuangan rumah tangga? Mengatur keuangan pribadiku aja aku sulit --" 
Yg ini harus dibisa-bisain. Niatnya ntar kalo uda dapet setoran :p bakal langsung aku bagi2..mana yg buat saving, yg buat bayar bills, yg buat belanja,dan juga bwt kebutuhan darurat. Paling ga dgn kayak gtu kita jd bs tahu kmn aja sih duwit kita larinya?
Trus kalo kita mikir pengeluaran after married banyak.. ya emang. Emang harga tempat tidur murah? kitchen set, printilan macem sendok, garpu, piring.. belum lagi beli AC.
Kalo kita mikir ribet n mahalnya pasti bakal stress sendiri. Tapi kalo kita sama2 belajar n ikhlas.. ya ikhlas berhemat, ikhlas ngirit, sabar. Pasti bakal bisa kok. PASTI..
Inget nasehat dr mas pacar.. "kita ini nikah sama2 belajar. Jangan cm ngliat ke atas terus, ada temen beli ini pengen, beli itu pengen.. Karena rumput tetangga emang selalu lebih hijau. Tapi sesekali kita lihat ke bawah lah, bukan krn kita ga optimis ato ga mau maju. Tapi biar kita lebih sabar dan bersyukur.."

Well kita emang nikah sm pasangan krn keputusan kita sendiri. Jadi intinya mesti sama2 belajar, ikhlas. Ya nikmatin aja ribet2nya, prosesnya.. Toh dgn dipikir berdua, dijalanin berdua sm org yg kita sayang pasti akan terasa lebih indah *tsaaaah..
Jadi ga usah galau2 lagi ya kamu *ngomong sama kaca* 

No comments:

Post a Comment