Wednesday, October 30, 2013

Tahapan Test CPNS LIPI..

Tahun ini adalah tahun-tahun tergalaunya aku pengen pindah kerja.
Kenapa? krn mas pacar sudah dpt kantor baru yg berdomisili di jakarta. Biar ga terus2an LDR cikarang-jakarta yg kalo lancar cuma 1,5 jam, tp krn gerbang masuk maupun keluar Cikarang yg selalu macet jadi klo mau pacaran bwt PP aja bs sampe 5 jam sendiri di jalan :(
Maka dari itulah aku semangat banget waktu ada bukaan CPNS Pusat yg lokasinya Jakarta.
Sebenernya cuma daftar 3 doang sih CPNS tahun ini. LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah), LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), sama Kementrian Perhubungan. Yg didaftar cm itu krn kebetulan 3 itu yg daftarnya online ga pake rempong2 ngirim berkas ke kantor pos dan ga butuh surat2 yg susah semacam surat sehat dr puskesmas, ato skck yg ngurusnya mesti pulang ke Malang. Secara kalo berkali2 ijin ga masuk kantor sungkan juga ya bok..

Yg LKPP ini aku melakukan kesalahan dgn tdk memantau jadwal testnya. Jd hbs daftar trus lupa. trus jadwal testnya klewatan gtu aja.. dudul yaa.. wkwkwk
Sedangkan utk yg LIPI ini notifikasi lulus verifikasi datanya dikirim lagsung via email, jadinya ga kelewatan deh. Alhamdulillah dari 38rb lebih pelamar, yg berhak mengikuti ujian pertama yaitu ujian TKD CAT hanya 4ribu an orang dan aku termasuk salah satu diantaranya.
Jadi, apa itu ujian TKD CAT?

Jadi, TKD (Test Kemampuan Dasar) untuk CPNS LIPI tahun ini sudah berbasiskan CAT (Computer Assisted Test), uda ga pake capek2 ngurek2 di LJK lagi, tinggal ceklik2 di laptop yg uda disediakan. Aplikasi yg digunakan pun gampang bngt n user friendly lho.. Kita jg bs langsung tau brp nilai kita segera setelah selesai mengerjakan semua soal.

Nah apa aja materinya? 
  • Test Wawasan Kebangsaan (TWK), test ini yg menurutku paling sulit. Karena lingkupnya sangat luas dan yg harus diapalin banyaaak banget. Diantaranya tentang Empat Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Nah lho jadi aku ngapalinnya mulai dari sejarah Pancasila, sejarah kemerdekaan RI, UUD 1945, pasal2, beserta amandemen2nya, sampe sejarah kerajaan2 di Indonesia. Buanyaaak, dan begonya ya krn ini CPNS pertama kalinya. Aku ngapalin itu semaleman suntuk. Dan yg keluar dikit. hahahahaha. apees
  • Test Intelegensia Umum (TIU), test ini mencakup kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, dan kemampuan berpikir analitis. Nah aku belajarnya ini cm H-beberapa jam saja. Secara mungkin aku agak kuat di bidang matematika *sombong* jadi cm refresh dikit2 aja. Belajar tentang luas dan volume bangunan, apalin tuh volume luas permukaan prisma, limas, bola, dll, trus Suku ke-n deret aritmatika, rumus2 dasar matematika lainnya.
  • Test Karakteristik Pribadi (TKP), test ini tuh modelnya kyk kita lagi ujian PPKN, tapi semua pilihan jawabannya benar.. wkwkwk. Dalam test ini yg ingin dilihat adalah integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerjasama dalam kelompok, dan kemampuan menjadi seorang pemimpin.

Total soal yang diujikan ada 100 nomor dengan proporsi TWK 25 nomor, TIU 25 nomor, dan TKP 50 nomor dalam waktu 90 menit. Penilaian untuk TWK dan TIU yaitu benar=5, salah=0. Sedangkan peniliaian untuk TKP menggunakan skala 1-5. Nilai maksimal yang dapat dicapai adalah 500. Untuk lolos dalam tahapan test selanjutnya kita harus melewati nilai passing grade yg akan ditentukan LIPI (saat melakukan test passing grade blm ditentukan)

Setelah kurang dari 1,5 jam ngerjain, sebelum waktu habis aku sign-out duluan krn ngrasa uda mentog njawabnya. Beberapa soal matematika yg aku lupa rumusnya aku jawab aja sambil merem. Juga soal TWK yg ku inget2 jawabannya sampe merem melek tetep aja ga nemu wangsit, diawur saja. Begitu sign out langsung deh muncul hasilnya : 
  • Nilai TWK cuma 100.. tp lumayan lah, krn kalo ga salah ada nilai mati 70. Dan begitu liat pengumuman yg ditempel nilai 100 uda cukup, banyak yg jauh dibawah itu lho nilainya.
  • Nilai TIU lagi2 cuma 105.. yg ini aku agak shock, karena seharusnya aku mendulang banyak poin di test ini. Tapi ya sudahlah biar jadi pengalaman saja.
  • Nilai TKP 142.. haha aku lumayan berbakat jadi anak baik2 ini. Yg ini emang gampang sih testnya
Total point : 347. Sedih banget krn target awal adalah di atas 350. Sedangkan nilai tertinggi di kloter testku waktu itu adalah 377. Walopun masih masuk 10 besar tp klo ntar passing gradenya 350 aku bakal terlempar.. huhu

Setelah beberapa hari harap2 cemas menunggu, keluarlah pengumuman passing grade minimum utk lolos ke tahap selanjutnya, yaitu 300 saja :) Dari 2900an org yg mengikuti ujian TKD, yg berhak masuk ke tahap selanjutnya adalah 1000an org. Masih banyak ya, padahal LIPI cm butuh 250 org.

Alhamdulillah masih lolos lagi dan masuk ke tahap berikutnya yaitu Psikotest dan Wawancara akhir. Alhamdulillahnya lagi  satuan  kerja yg memanggilku adalah satuan kerja yg memang pilihan pertamaku, yaitu Pusat Penelitian Kalibrasi, Instrumentasi dan Metrologi. Begitu liat listnya shock.. masih banyaak. Dari 2 org yg akan di terima ada 33 org yg akan bersaing. Sedangkan di pilihan keduaku dr 2 org formasi yg bersaing cm 8 orang.. Hwaa brasa salah pilih. Yaah mungkin lagi2 emang semua bakal ada hikmahnya :)

Test selanjutnya adalah Psikotest, yaitu tanggal 23 Oktober 2013 lalu. Testnya sih standart ya. Standart psikotest2 biasa. Kemampuan verbal, analogi, logika dan semacamnya. Detailnya sih melengkapi deret gambar, matematika, test logika dan bahasa. Juga ditambah Krepline test, Wartegg test, DAM (Draw a Man) dan menggambar pohon.

Tinggal 1 tahap lagi, yaitu test wawancara yg dijadwalkan tanggal 6-7 November 2013. Deg2annya udah mulai dari sekarang
1 tahap lagi dan aku akan mendekat kepadamu sayang...
1 tahap lagi kalo ga lolos rasanya bakal nyesek banget
dan ketika itu aku akan belajar 1 hal, yaitu ikhlas..
pasti akan ada hikmah dari semuanya.
Yg bisa dilakukan cm berusaha sebaik mungkin dan Allah-lah yg akan menentukan yg mana yg menurutnya terbaik untuk kita..
Doakan aku yaa ^^

No comments:

Post a Comment