Monday, February 27, 2017

[IIP] Nice Homework #5 Belajar Bagaimana Caranya Belajar

Setelah mulai memahami teori di kelas matrikulasi sesi 5 disini..
Tibalah saatnya mengerjakan Nice Homework yang ke 5.
Yaitu :

Setelah malam ini kita mempelajari tentang “Learning How to Learn” maka kali ini kita akan praktek membuat Design Pembelajaran ala kita.

Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan "learning how to learn" dalam membuat NHW #5.
Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.
Bukan hasil sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.

Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.

=================================


Ngomong2 soal NHW5 ini, puyeng lhoo..
saoalnya barengan sama kerjaan kantor yg numpuk..
plus barengan sama MDS Online Competition yg bikin si emak super duper mikirnya...

Renacana ngerjain minggu pagi, saat si bocah quality time sama bapaknya,
lha kok ternyata doi ga enak bada, jadi nempel muluk sama nyenyen...

Akhirnya terpaksa minta dispensasi waktu utk pertama kalinya niih...

Lhaaah knp gw malah tjurhaat...

sung aja deh yaa...

dari berbagai study literatur..
ada bermacam2 tipe desain pembelajaran. 

Secara umum, desain pembelajaran dibagi berdasarkan :
  1. Model berorientasi kelas (mendesain pelajaran model mikro). Contoh : Metode ASSURE
  2. Model berorientasi sistem (sistem pembelajaran yg cakupannya luas. Contoh : Metode ADDIE
  3. model berorientasi produk
  4. model prosedural, dan
  5. model melingkar..
Naaah, berdasar pengkajian berbagai hal, dan hasil ngobrol dgn suami, kami sepakat..
bahwa metode belajar yg cocok dgn kami adalah METODE ADDIE..

taken from here



Naaah, apa saja sih ituu..

ANALYSIS

Dalam hal ini, saya menganalisis diri saya sendiri, dan anak saya...

taken from here
 
  • Saya adalah tipe pembelajar VISUAL. Saya mengingat sesuatu melalui asosiasi visual. Saya lebih suka membaca, kemudian menuliskannya melalui coreta2 tangan saya sendiri. Saya kadang mengetahui apa yg harus saya jawab, tapi agak susah mengungkapkannya. 
  • Saya adalah tipe org yg DETAILS dan PERFEKSIONIS, saya selalu berasaskan cari teori terlebih dahulu baru mempraktikkannya.
  • Berkaitan dgn ilmu yg akan saya pelajari, saya menilai diri sendiri ada di angka 6, dari skala 5-10  
  • Anak saya sepertinya tipe pembelajar KINESTETIK. Dia menghafal dgn cara bergerak. Sering saya ajak dia bernyanyi, membacakannya buku cerita. Dia bergerak, lari kesana kemari. Tapi ketika saya memintanya menyanyi, dia hapal lagu2nya.. Masya Allah..

DESIGN

Pada tahap ini dilakukan perancangan konsep, tentang apa2 yg harus dipelajari, dan media2 yg diperlukan.

Melalui Nice Homework#1, saya sudah melakukan sebuah design tentang ilmu2 apa yg akan saya pelajari, yaitu : Ilmu Parenting dengan perspektif dasar dari Al Quran dan Hadist.

Kemudian di Nice Homework #4 telah dituliskan secara rinci target2 yang harus dilakukan.

Untuk media yang dibutuhkan, berdasarkan Nice Homework #1 antara lain :
- The Holy Qur'an
- Al Hadist
- Jurnal, buku, yang dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya
- Melalui kajian dan diskusi baik bersama keluarga, maupun bersama forum
- Mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hai


DEVELOP

Pada tahap ini, dimulailah pengembangan akan sebuah pembelajaran.
Dari mana memulai, kapan memulai, dan kapan targetnya.
Hal ini sudah tertulis dengan gamblang di Nice Homework #4.

Yaitu dengan menetapkan 0 km saya di bulan September 2016. 
Saat saya sah menjadi seorang book advisor.

Target saya dalam 7 tahun adalah memiliki perpustakaan sendiri, dan menjadi seorang Book Advisor leader.


IMPLEMENT

Dalam proses mencapai tujuan yg diharapkan, kami memulai dengan mengimplementasikan checklist yg tertulis di Nice Homework#2.

Dalam checklist tersebut tertulis dengan jelas kegiatan2 yg seharusnya dilakukan dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Juga sebagai langkah konkrit dalam mencapai seorang ibu, istri dan individu yang lebih baik lagi kedepannya


EVALUATE

Tahap evaluasi ini akan dilakukan secara berkala oleh suami dan anak2, karena merekalah customer dari proses pembelajaran ini.
Evaluasi evaluasi tersebut berhubungan dengan tujuan pembelajaran, apakah tercapai atau tidak?
Media pembelajaran yg efektif atau tidak?
dan tentang implementasi yg sukses atau tidak...


 Semoga bermanfaat...



 

No comments:

Post a Comment