Sunday, February 19, 2017

[IIP] Nice Homework #4 Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

Okeh..
Sejauh ini Nice Homework ke-4 inilah yg bikin gw ngerasa..
"rrrrrrr.... selama ini gw ngapain aja sik"

Daaan, Nice Home work 4 ini membuatku mikirnya sampeeeee berhari2,
mendekati deadline pengumpulan NHW...
Jadi inilah hasil nyepi berhari-hari itu..


1. lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Pada NHW #1 saya memilih ilmu jurusan parenting, dan sejauh ini ilmu tersebut masih sesuai dengan  visi misi saya ke depannya.
Karena menurut saya, ilmu inilah yang paling saya butuhkan untuk mendidik anak-anak saya kelak, dan membuat saya (dan suami) menjadi pribadi yg (selalu berusaha) lebih baik dari hari ke hari.. 


2. Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? 

Jujur untuk mengisi checklist, saya sudah rutin, karena checklist tersebut saya jadikan dekstop di PC saya, dan saya setiap hari mengisinya..
Namun, untuk pelaksanaannya..
Tentu saja belum rutin.. hehe

Terutama checklist sebagai individu, dalam aspek Jasmani..
Lebih spesifik di poin olah raga... :D
Karena berbagai alasan, yg membuat pagi saya selalu merasa di kejar2 waktu, sehingga me time saya berupa olah raga sering terlupakan. 
Namun untuk checklist sebagai istri dan ibu hampir mayoritas sudah saya kerjakan.

Melalui Nice Homework #4 ini, sekaligus merupakan reminder bagi saya untuk mulai kembali menjalankan checklist dan memnuhinya, terutama pada aspek jasmani sebagai individu.


3. Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat. 

Saya merasa bahagia ketika menjalani peran saya belakangan ini. 
Yaitu sebagai seorang book advisor.
Penebar virus membaca ke seantero negeri.

Sejak kecil hobi saya adalah membaca.
Saya bisa diam berjam-jam tenggelam dalam lautan buku di kamar saya sendiri.
Oleh karena itu, bahkan sejak sebelum si bocah lahir, saya selalu membacakannya buku.
Iya, saya membiasakan membacakan buku untuk anak saya sejak dari dalam kandungan.

Dan menurut saya, kebiasaan untuk membaca sangat bergantung pada pendidikan paling awal anak, yaitu dari keluarga.




Melihat lingkungan sekitar yg belum terbiasa dgn buku, melihat berita dan timeline FB saya belakangan ini, membuat saya tersadar bahwa budaya literasi di Indonesia masih sangatlah minim.
Saya pun semakin getol untuk mencari2 ilmu tentang pentingnya mengenalkan buku untuk anak2 sejak dini.



Kemudian saya bergabung dalam komunitas book advisor, dan tersadar..
Sepertinya disinilah peran saya..

Saya pun secara tidak sengaja menemukan salah satu minat saya, yaitu berjualan.
Iya, dengan menjadi book advisor bagaikan sekali merengkuh dayung, 2-3 pulau terlampaui.
Saya bisa mengajak orang untuk mengenalkan buku ke anak-anak mereka, sekaligus dapat mengasah kemampuan saya untuk berwirausaha.

Misi Hidup : Menebarkan virus membaca ke banyak keluarga
Bidang : Ilmu Parenting, budaya literasi, covert selling
Peran : Penggerak/Inspirator


4. Setelah menemukan 3 hal tersebut, susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut. 
  • Bunda Sayang : Ilmu-ilmu tentang tumbuh kembang dan kesehatan anak, pendidikan anak, dan fungsi membaca dalam psikologi anak melalui jurnal - jurnal ilmiah, diskusi dalam forum serta dari buku-buku yang membuat ilmu dan dasar teori semakin dalam.
  • Bunda Cekatan : Ilmu tentang memanajemen diri, manajemen rumah tangga dan manajemen waktu
  • Bunda Produktif : Ilmu covert selling dari ahlinya, melalui seminar, online course. Serta memperdalam teknik berkomunikasi untuk mempermudah dalam public speaking di forum-forum diskusi.
  • Bunda Saleha : Ilmu tentang berbagi manfaat untuk banyak orang. Baik berbagi melalui tulisan, diskusi ataupun yang lain.
  
5. Tetapkan milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan misi hidup  

Kilometer 0 saya adalah saat saya mulai join di komunitas book advisor.
Yaitu pada September 2016.
Saya berkomitmen untuk menjadi ahli pada bidang-bidan tersebut pada jam terbang ke 10.000.

Bila saya mengasumsikan dalam sehari saya meluangkan waktu 4 jam untuk mempelajarinya,
akan butuh 2500 hari, yaitu maksimal 7 tahun untuk mencapainya.
  • km 0 - km 2 : menguasai ilmu tentang parenting (termasuk lulus dalam program matrikulasi IIP), memahami pentingnya membacakan buku untuk anak - anak, mempraktikkan dan mengajarkan kebiasaan cinta buku pada anak-anak.
  • km 3 - km 4 : mulai memanajemen waktu dan manajemen finansial, serta berkonsentrasi untuk menularkan virus membaca kepada lingkungan sekitar, dapat melihat pangsa pasar dan mulai ahli berjualan (metode covert selling)
  • km 5 - km 6 : menjadi seorang sales supervisor (book advisor leader) yg dapat membimbing teman-temannya untuk juga menularkan kebiasaan membaca ke seantero negeri
  • km 7 : memiliki perpustakaan mini di rumah, mengajak tetangga sekitar untuk mulai mencintai buku.

5. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

Sedikit banyak sudah masuk di dalam check list, untuk lebih spesifiknya, akan segera direvisi

6. Lakukan, lakukan, lakukan....

Mengajak suami untuk ikut berperan serta dalam menyukseskan roadmap ini, 
Suami akan berperan sebagai reminder saat ada yang melenceng dari target-target yang telah dituliskan..



Naaah jadi penasaran, dalam 7 tahun ke depan, berhasil ga ya gw mencapai target2 yg udah dituliskan sekarang..
We'll see..


Salam,
Yulita Ika Pawestri
Istri, ibu anak 1 yg sedang giat giatnya meniru...





 

No comments:

Post a Comment