Sunday, March 19, 2017

[IIP] Nice Home Work #8 : Misi Hidup dan Produktivitas

Bunda, setelah di materi sesi #8 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sbb :

a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)

Saya akan mengambil kegiatan yg saya suka : yaitu all about books..
Lebih spesifiknya kegiatan membacakan buku untuk anak dalam rangka menebarkan virus membaca dan mengembalikan buku sebagai pusat gravitasi dari alam rumah.


b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE  DO HAVE” di bawah ini :

1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)

Saya bermimpi menjadi seorang book advisor yg dapat menginspirasi sekitar saya..
Tidak hanya menginspirasi keluar, tapi juga keluarga di rumah.


2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)

Dalam menjalankan misi hidup saya, saya akan memulai semuanya dari dalam rumah.
Mengenalkan buku2 berkualitas ke anak saya, membacakannya buku setiap hari atau setiap saat ia meminta, dan membuatnya berinteraksi dengan buku.

Menularkan virus membaca ke suami dan keluarga tercinta..

Kemudian melakukan study literatur ke beberapa jurnal mengenai pentingnya membaca, menuliskannya ke dalam blog, mengkampanyekan di media sosial tentang #YukBacakanBuku sehingga dapat menginspirasi bagi orang2 yg membacanya.

3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)

Memiliki perpustakaan pribadi yg dapat dipergunakan secara gratis oleh masyarakat sekitar, mempunyai blog yang bermanfaat bagi yang membacanya..

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:

1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)

Saya ingin membuat masyarakat sadar betapa pentingnya kebiasaan membacakan buku untuk anak, betapa bermanfaatnya bagi perkembangan bahasa mereka.
Lebih jauh, ingin mengembalikan budaya literasi masyarakat Indonesia yang sekarang semakin turun sejalan dengan berkembangnya isu2 hoax, dan semakin mudahnya masyarakat mendapatkan informasi melalui media sosial.

2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)

Memiliki perputakaan pribadi dan blog yang bermanfaat, seperi dalam poin B nomer 3.

3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution)

Dalam jangka waktu satu tahun ini, anak saya berusia 3 tahun.
Target saya adalah membacakannya seribu buku, yg berarti dalam sehari, sejak lahir saya membacakannya 1 buku..
Dan saya akan melanjutkan target yg dari awal telah saya canangkan tersebut.

Membaca 12 buku dalam 1 tahun juga merupakan target pribadi saya.

Saya juga menargetkan minimal 1 kali dalam seminggu menuliskan blog dgn konten bermanfaat, dan minimal 1 hari sekali posting hal bermanfaat di media sosial saya..


***
Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH
Dan Insya Allah perubahan akan kami mulai dari dalam rumah kami sendiri..

***

Di bawah ini ada really nice quote dari Malala Yousafzai, penerima hadiah Nobel perdamaian termuda, wanita dari Pakistan, murid sekolah dan aktivis pendidikan.. 




pict taken form here

No comments:

Post a Comment