Sunday, July 19, 2015

Cerita lahiran baby Naufal

Uda hampir 3 bulan usia baby Naufal.. dan saya baru sempet mbuka blog.
how is life?
hampir 3 minggu saya ngalamin yg mungkin org2 sebut dgn baby blues. Nangis drama tiap hari, marah2, sensitif to the max. 
Pngen nulis tentang baby blues ini. 
Tp ntaaar, nunggu sempet :D

Postingan kali ini tentang proses lahirnya si baby dulu..
yg cukup drama juga.. haha
*Tarik napas* siap2 bosen. Cerita kali ini bakal paaanjang ^^

1 Mei 2015. Jumat pagi sekitar jam 6.30
setelah sholat subuh, rencana mau tidur lagi mumpung org2 pd libur.
ga lama merem. Perut berasa sakiiiit bngt. Kontraksi.
awal2 dibiarin. Lama2 kok brasa makin sering.
ambil hp. Buka apkikasi contraction timer yg uda diinstall sbelumnya bwt persiapan lahiran.
hasilnya :

Ternyata kontraksi uda tiap 5 menit sekali.
langsung woro2 ke ortu. Trus disaranin bwt ke bidan deket rumah dulu utk cek kondisi.
malu kan bok kalo uda ke rs heboh2 trnyata blm knp2..

Trus ngacir ke toilet, rencana mau mandi n siap2 ke bu bidan. 
Ternyata pas pipis.. ada flek darah ikutan jatuh..
nah ini salah 1 tanda nih..
woro2 lagi ke ortu dan kemudian memutuskan utk lgsg brgkat ke rs aja.

Jumat, 1 Mei 2015, 07.30
Sampe di RSIA Hermina Malang, bilang kayaknya mau lahiran. 
Langsung disuruh masuk ruang bersalin.
di test detak jantung (CTG) selama setengah jam.
dan hasilnya jelek. Kontraksi makin naik, detak jantung dedek makin rendah. 
Walopun msh dalam batas yg ditolerir.
di suggest utk infus redehidrasi 2 ampul. Dan pasrah pas ditusuk2 jarum suntik.
sempet ganti jarum infus dari kiri ke kanan gara2 mbak yg nginfusin ga pinter, jadinya pembuluh darah bengkak. Cairan infus ga masuk dan dipaksa dikeluarin, dipencet2.. sakitnyaaaaa ruaaar biasaa.

Jumat, 1 Mei 2015, 12.30
dokter cantik, dokter nirmala visit..
dan di USG posisi dedek telentang. Dengan 2 lilitan tali pusat. 
Pengapuran plasenta grade 3. Dan air ketuban yg mulai dikit.
Dokter belum suggest utk operasi SC. Beliau cm bilang..
dihabisin dulu infusnya ya mbak, trus nanti di CTG lagi.

Setelah infus habis, detak jantung dedek tetep turun pas lagi kontraksi.
Akhirnya dokter kasih saran utk SC aja. 
Kalo mau di induksi juga kasian dedeknya,kelamaan kontraksi ntar detak jantung makin lemah.
Akhirnya pasrah,ditentukan SC jam 8.
Padahal suami rencana sampe Malang baru sekitar jam 10..
Yasudah, yg penting dedek bayi sehat dulu yaa..
Dan kabar baiknya, pas daftar utk nginep, kita dapet ruang VIP lhoo
Padahal kita daftar utk kelas 1. tp free upgrade ke VIP krn kamar kelas 1 lagi penuh :D 

Jumat, 1 Mei 2015, 19.15
Digledek masuk ruang operasi didampingi ibunda tercinta.
Deg2an, takut, tapi excited pengen ketemu dedek bayi.
Setelah dibius di tulang belakang, badan rasanya menggigil.
Tanya ke perawat, minta dikecilin AC nya..
perawat malah nyeletuk “lhah ini aja AC nya ga nyala lho buk..”
Mungkin pengaruh obat bius..

Saat itulah cuma bisa istighfar sambil pegangin tangan ibuk, takut kalo nyawa dicabut dan ga sempet ketemu dedek bayi yg udah digembol kemana2 selama 9 bulan, dan belum sempet minta maaf ke bapak ibuk..

Pas lagi galau2nya, dokter Nirmala menyapa “malem mbak lita, gimana perasaannya habis ini ketemu sama dedek bayi lho”.. sambil menyum.
Menenangkan. Melegakan.
Yang ditanyai cuma bisa senyum2, dan akhirnya dokter mulai membuka proses operasi..
“yaudah kita mulai ya mbak lita, sebelumnya kita berdoa bersama2 dulu ya, biar diberi kelancaran.. bismillah, Alfatihah..”
Dan ga ngerti kenapa perasaan jadi tenang setelah obgyn gw ngomong kayak gitu.
Dalam hati gw batin.. ga salah nih pilih obgyn.
 
Ga sampe 5 menit, si dedek udah kedengeran suaranya.. oek..oeeek..
Ya Allah, Alhamdulillah ga ada rasanya, cuma berasa digoyang2 dan dipijit..
Setelah dibersihin si dedek dikasih ke aku utk dicium, wangi bangeeet, kupandangi matanya yg masih merem, ga kerasa air mata menetes.
Ya Allah, aku jadi ibu dari bayi kecil ini..
(*elap ingus*.. inget2  proses itu, masih bikin berkaca2 sampe sekarang)
Setelah sekitar setengah jam dijahit, gw dibawa keluar dari ruang observasi..

Jumat, 1 Mei 2015, 20.00. Ruang Observasi
Gw udah sampe ruang observasi, ga lama keluarga dateng, kasih selamat..
Dan si dedek kecil juga dibawa masuk, ditelungkupkan depan dada utk melakukan IMD.. sepanjang IMD ga henti2nya gw ciumin kepalanya, ngliat matanya yg pelan2 mulai membuka, merasakan kakinya menendang- nendang lemah utk mencari sumber ASI..

unforgettable moment :)

Saat itu ga henti2nya gw bersyukur, gw masih dikasih kesempatan utk mengucap maaf dan terima kasih ke ibu gw.. krn kayak gini ya ternyata rasanya jadi ibu..
Kayak gini rasa sayangnya ke anak, bahkan sejak sebelum dilahirkan..
Kayak gini perasaan ketika pertama kali berjumpa..
Bener2 bikin speechless..

Beberapa bulan ke belakang gw masih ngerasain tendangan2 ini di dalem perut, dan sekarang bahkan gw bisa memegang kakinya yg lagi nendang2 bekas jahitan gw.
Perih, tapi gw bahagia..

Akhirnya jam 10 malem suami dateng dan akhirnya IMD pun diakhiri.
Suami ga henti2nya ciumin kening dan bilang makasih, makin bikin mewek..
Tapi trus habis gitu gw ditinggal ke kamar bayi krn dia pengen nemuin dedek bayi.. haha

Selama di ruang observasi gw disuruh suster utk latihan gerakin kaki yg masih kebas gegara obat bius, belajar miring juga krn utk nyusuin pasca SC paling enak adalah posisi tidur miring..

Dan setelah reaksi obat bius hampir habis, masya Allah sakitnya..
Bwt ngomong aja periiih..

Sabtu, 2 Mei 2015, 00.30. Ruang rawat inap
Akhirnya setelah bisa gerakin kaki n bs bobok miring, gw dipindah ke ruang inap.
VIP 114. Kamar bersejarah..

maapkan berantakan :D
 
Saat itu kedua ortu dan mertua pamit pulang, gw dikasih waktu bwt quality time bareng suami dan dedek bayi.
Malam itu dedek bayi nginep bareng kita..
Bahagiaaaa.. walopun tiap dedek bayi nangis kita panik, bingung dan akhirnya telpon ke suster bayinya..

And now..
Si dedek udah berumur 2,5 bulan..


Makin menggemaskan, makin sering ngoceh, hobi miring2 trus bablas mengkurep..
dan makin bikin ga tega ninggal ke kantor..
Bener2 dilema sebagai working mom yaa..
Pas waktunya berangkat, pas si dedek lagi bangun, ngoceh2 lucu dan bikin males ngantor… hihihi
Sehat2 terus ya anak ayah bunda…
We love you too much



4 comments:

  1. Gak sengaja netes air mata baca pengalamannya mba...
    Dokter Nirmala juga yg nanganin kuret aku, ya aku keguguran krn BO Januari'16 kmrn, skrg lg program lagi... Minta doanya ya... Semoga semuanya lancar, aamiin

    ReplyDelete
  2. Gak sengaja netes air mata baca pengalamannya mba...
    Dokter Nirmala juga yg nanganin kuret aku, ya aku keguguran krn BO Januari'16 kmrn, skrg lg program lagi... Minta doanya ya... Semoga semuanya lancar, aamiin

    ReplyDelete